Friday, June 29, 2007

Semarakan Adenium dengan Bunga

Penampilan adaenium anda tampak berantakan dan malas berbunga? Jangan buru-buru disingkirkan. Anda bisa mendandaninya enjadi lebih cantik dan bermandi bunga. Caranya dengan pemangkasan (pruning) dan pemberian pupuk secara insentif

Cabang yang telah dipangkas tidak lama kemudian akan tumbuh tunas baru yang jumlahnya lebih dari satu. Dari tunas baru itulah nantinya akan bermunculan kuntum-kuntum bunga.

Selain memicunya munculnya bunga pemangkasan juga bertujuan untuk memperindah bentuk tajuk dan memotong siklus hidup hama yang kerap menyerang daun adenium. Pertumbuhan adenium kerap tidak kompak, seperti tangkai yang satu lebih panjang dibandingkan yang lain. Hal otu, membuat penampilan adenium terkesan berantakan dan semraut.

Sebelum melakukan pemangkasan, pastikan tanaman dalam kondisi sehat. Tanaman sehat dicirikan denagan daun dan batang yang aktif. Tanaman pun tampak segar dan kokoh. Memaksakan tanaman sakit untuk di pangkas bisa berakibat fatal dan mengakibatkan tanaman mati. Pemangkasan akan lebih lama dan mudah dihinggapi bakteri. Adapun teknik menyemarakan bunga adenium akan dijelaskan pada kesempatan berikutnya.

No comments: